BlogArduino, Alternatif Anak Belajar Coding

11/02/2020
https://codebuddy.co.id/wp-content/uploads/2020/08/kursus-arduino-anak.jpg

Seiring berjalannya teknologi, manusia semakin mendapat kemudahan dari berbagai macam hal. Salah satunya yang sudah sangat seirng kita dengarkan, Internet of Things. IoT yang sudah mendunia ini sangat erat kaitannya dengan Arduino. Lalu apa sih Arduino itu? Arduino adalah sebuah platform open source elektronik yang mudah digunakan baik dari sisi hardware maupun software. Sedangkan Perangkat...

Seiring berjalannya teknologi, manusia semakin mendapat kemudahan dari berbagai macam hal. Salah satunya yang sudah sangat seirng kita dengarkan, Internet of Things. IoT yang sudah mendunia ini sangat erat kaitannya dengan Arduino. Lalu apa sih Arduino itu?

Arduino adalah sebuah platform open source elektronik yang mudah digunakan baik dari sisi hardware maupun software.

Sedangkan Perangkat Arduino ( Arduino Board ) adalah sebuah hardware yang memiliki IC program yang telah di tanam boat loader Arduino. IC program ini lah yang akan mengontrol semua aktifitas dalam system control yang di desain/buat seperti pembacaan sensor, Input output, komunikasi data antar Arduino dengan perangkat lain, mengendalikan motor, stepper, servo dan lain lain.

Mengapa harus Arduino?

Arduino sangat mudah di gunakan, baik untuk pemula maupun yang sudah expert di bidang embedded system. jika kita mundur ke 10 tahun yang lalu. Memprogram IC Program ( Mikrokontroller ) kebanyakan masih menggunakan Bahasa assembly. Bayangkan saja untuk mengolah sensor ultrasonic dengan Bahasa assembly ini butuh beberapa puluh baris program.Namun jika menggunakan Arduino, memprogram sensor hanya beberapa baris program saja, bahkan hampir semua sensor yang di jual sudah memiliki library nya. Jadi mengolah data sensor cukup sederhana dan mudah.

Manfaat dari Arduino apa aja sih?

Ada banyak hal yang bisa kita buat dengan Arduino, dari yang sederhana hingga yang rumit. Tentu harus ditambah dengan sensor atau perangkat lainnya, sebab tugas Arduino adalah sebagai otaknya saja. Di bawah ini beberapa contoh alat yang dapat dibuat dengan Arduino :

  • Pengganti PLC
  • Membuat Pengatur kecepatan motor
  • Dimmer Motor AC, VSD, dan lampu
  • Monitor dan pengatur suhu ruangan
  • Monitor dan pengatur kelembaban
  • Membuat sensor detak jantuk dan mendeteksi gejala penyakit jantung
  • Mengirim atau menerima SMS otomatis
  • Mengirim data otomatis ke internet
  • Memproses data GPS
  • Mengotrol peralatan rumah secara online
  • Robot tempat sampah cerdas

Dan banyak hal lainnya sesuai imajinasi Anda.

 

Arduino sangat bisa menjadi alternatif anak-anak untuk belajar coding loh. Mengapa? Karena anak-anak tidak membutuhkan banyak code untuk bisa membuat barang yang mengagumkan dengan Arduino.

Bagaimana cara kerja Arduino?

  1. Tuliskan kode pemrogramannya di komputer lalu upload kode itu di board Arduino.
  2. Board akan menjalankan kode yang sudah kita buat.
  3. Board juga terhubung dengan input dan output, misalnya saja tombol ON/OFF dan lampu.
  4. Kode akan membaca semua input yang kita masukkan dan kemudian mengontrol output.

Bagaimana, mudah kan? Arduino dan pemrograman komputer bukanlah suatu konsep yang sulit untuk dimengerti, dan itu sangat membantu anak-anak untuk mulai mengasah skill mereka.

Pemikiran logika dan problem-solving adalah pembelajaran terbesar yang bisa anak-anak dapatkan dari belajar Arduino. Jadi jangan takut untuk mulai belajar Arduino, karena Arduino memberikan banyak manfaat untuk kita.

Contact us
JL. Margasatwa Raya, No. 45 E, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta 12450
+628159001979
info@codebuddy.co.id
Newsletter

    bt_bb_section_top_section_coverage_image